fanpage


Rabu, 12 Desember 2012

Rekor Gol Lionel Messi Kalah Oleh Pemain Asal Afrika



Sosok Lionel Messi kini memang sudah mengalahkan rekor gol milik legenda Jerman Gerd Muller. Akan tetapi, ada pemain lain yang justru punya rekor melebihi sang Messiah. Siapa dia? Dia adalah Godfrey Chitalu asal Zambia.Seperti diketahui, Messi pada akhir pekan kemarin telah sukses melewati capaian Muller dengan torehan 86 gol dalam kalender 2012. Sebelumnya, Muller sendiri juga sempat memegang rekor gol tersebut dengan angka 85.

Mengutip berbagai sumber di Afrika, mantan pemain internasional Zambia Godfrey Chitalu sejatinya merupakan pemain paling subur dalam sejarah, dengan menoreh 107 gol. Namun yang jadi permasalahan, namanya justru tidak dicatat oleh Fifa.

Mengacu pemberitaan media Nigeria Daily Post, Chitalu sendiri dikatakan sebagai pemain terhebat dalam sejarah Zambia. Dijuluki Ucar, Chitalu kabarnya merupakan top skor sepanjang masa negara tersebut.

Uniknya, Chitalu mencetak 107 lesakan di tahun yang sama saat Muller mengoleksi 85 golnya pada 1972. Namun, mengapa Fifa tidak mencatat nama Chitalu dalam buku rekor Fifa?ZambianWatchdog.org coba menjelaskan:

“[FA Zambia] menjelaskan bahwa mereka sedang coba membongkar arsip mereka dalam rangka untuk mendapatkan kredit yang dirasa layak untuk striker mereka.

“Mereka mengatakan, ‘Kami memiliki catatan yang tercatat di sepakbola Zambia, namun sayangnya hal itu belum tercatat dalam sepakbola dunia. Bahkan saat dunia telah melihat rekaman Lionel Messi melampaui Gerd Muller, perdebatan dan diskusi kembali ke sini mengenai jumlah gol Godfrey yang justru tidak diakui.’”

Lalu, bagaimanakah nasib Messi sendiri? Jika gol Chitalu diverifikasi, akankah pemain asal Afrika itu dinobatkan sebagai pemain yang lebih unggul dari dua bintang tersebut? Semua kembali kepada Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar